8 Makanan Untuk Darah Rendah, Cocok Untuk Ibu Hamil & Penderita Jantung, WAJIB BACA

makanan untuk darah rendah
8 Makanan Untuk Darah Rendah, Cocok Untuk Ibu Hamil & Penderita Jantung (ilustrasi:tribunnews.com)Anda sering mengalami darah rendah?


Berikut 8 makanan alami dan sehat yang sebaiknya Anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

Darah rendah atau dalam istilah medis disebut dengan Hipotensi adalah kondisi dimana ketika tekanan darah mencapai 90/60 atau kurang.

Biasanya hipotensi ini diikuti beberapa gejala yakni pusing, dehidrasi, sulit berkonsentrasi, mual, kulit dingin dan lembap, napas jadi memburu, kelelahan, merasa sangat haus, penglihatan kabur, hingga pingsan (hilang kesadaran).

Meskipun tidak semua tekanan darah rendah merupakan kondisi serius, Anda tetap tidak boleh meremehkannya. Dalam kasus yang fatal, tekanan darah rendah bisa saja menyebabkan kematian.

Penyebab darah rendah sendiri beraneka ragam, dan biasanya yang sering mengalami masalah darah rendah ini adalah ibu hamil dan juga penderita jantung.

Pada masa kehamilan, peredaran darah dalam tubuh berkembang sangat cepat, berbeda dengan kondisi normal atau ketika sedang tidak hamil.

Darah rendah saat hamil ini terjadi karena selama kehamilan terdapat perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun. Tekanan darah ini biasanya mulai turun pada awal kehamilan maupun kehamilan trimester kedua.

Selain ibu hamil, Kondisi ini juga sering  ditemukan pada pasien gagal jantung dan serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh darah yang tidak dapat dipompa baik oleh jantung yang bermasalah, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

Selain itu, bagi orang normal tekanan darah rendah ini juga bisa diakibatkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan berkepanjangan maupun mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Sebagai langkah awal mengatasi kurang darah, Anda bisa memilih cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi banyak air serta makanan sehat.

Nah bagi Anda yang sedang hamil maupun yang menderita hipotensi, berikut makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

1. Umbi Bit


khasiat.co.id

Umbi bit yang berwarna ungu adalah salah satu makanan ajaib yang sangat mujarab untuk mengatasi masalah hipotensi.

Jus umbi bit mengandung berbagai senyawa antioksidan dan senyawa nitrit yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Selain itu, senyawa nitrit yang terkandung dalam umbi bit juga dapat meningkatkan kemampuan molekul darah dalam mengikat oksigen sehingga masalah hipotensi bisa teratasi.

2. Kismis


manfaat.co.id

Kismis atau buah anggur yang dikeringkan merupakan salah satu makanan yang bisa mengatasi tekanan darah rendah dalam tubuh.

Secara alami, kismis mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh secara signifikan dengan mempengaruhi kerja kelenjar adrenalin.

Untuk mengobati hipotensi, rendam 30 hingga 40 bulir kismis dalam air atau susu semalaman dan konsumsilah dipagi harinya saat perut masih kosong.

3. Almond


bukalapak.com

Di negara India, kacang almond dikenal sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah.

Kacang almond kaya akan senyawa biotin dan zat gizi lainnya yang mampu mengatur regulasi tekanan darah dalam tubuh dan menjaganya dalam keadaan normal.

Almon juga paling cocok sebagai makanan untuk darah rendah saat hamil, karena kasiat almon juga sangat baik untuk kesehatan janin.

Untuk mengatasi masalah hipotensi, rendam beberapa bulir almond dalam segelas susu atau air kemudiah kupas dan haluskan kacang tersebut dipagi hari dan campurkan pasta almond tersebut pada susu yang akan Anda minum.

Baca Juga: Waspada, Konsumsi Makanan ini Jadi Pemicu Terbesar Terjadinya Darah Rendah

4. Wortel


tribunnews.com

Siapa sangka, wortel yang dikenal sebagai makanan untuk mata ternyata juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi efek tekanan darah rendah dalam tubuh.

Selain kaya akan betakaroten, wortel juga kaya akan senyawa glutathione yang berperan dalam menjaga tekanan darah normal dalam tubuh.

Meminum segelas jus wortel yang dicampur sesendok madu dipagi hari dapat membantu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Seafood


Nasional pos


Mengkonsumsi seafood seperti ikan sarden, mackerel, kepiting, kerang, udang maupun cumi ternyata sangat bermanfaat bagi penderita hipotensi.

Pasalanya seafood mengandung mineral sodium yang cukup tinggi yang mampu merangsang penyempitan arteri dalam tubuh sehingga secara tidak langsung ikut berperan dalam meningkatkan tekanan darah dan menjaganya dalam batas normal.

Meskipun demikian, jangan mengkonsumsi seafood secara berlebihan ya, karena jika dikonsumsi berlebihan bukannya Anda terhindar dari hipotensi malah Anda akan terkena masalah lainnya.

6. Daging Rendah Lemak


fimela.com

Daging merah yang rendah lemak seperti daging sapi atau kambing, dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi hipotensi karena jenis daging yang satu ini sanggup meningkatkan sirkulasi darah didalam tubuh asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

7. Basil


Tookapic

Daun basil yang masih satu famili dengan tanaman kemangi ini punya banyak manfaat bagi tubuh dan salah satunya adalah untuk mengatasi masalah hipotensi atau tekanan darah rendah.

Berdasarkan penyataan World Health Organization atau WHO, daun basil mengandung berbagai senyawa aktif seperti senyawa antibakteri, antioksidan, vitamin C, magnesium, potassium, dan asam pantotenat yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Jadi, jika ingin terhindar dari masalah hipotensi, tambahkan lima hingga tujuh lembar daun basil pada menu makanan sehari-hari Anda.

8. Lemon


resepkoki.id

Kaya akan vitamin C dan zat aktif lainnya, lemon dapat menjadi salah satu superfood yang mampu mengatasi masalah hipotensi terutama tekanan darah rendah yang diakibatkan oleh reaksi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Untuk membantu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, minumlah segelas air hangat yang dicampur perasan setengah buah lemon dan tambahkan sejumput kecil garam yang mengandung sodium.

Minumlah campuran jus melon tersebut secara rutin dipagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong.

Artikel Asli

News Feed