8 Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Dicoba, WAJIB BACA

Image Source: cnnindonesia.com

Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti kardiovaskular dan jantung koroner. Kolesterol itu sendiri adalah zat yang dapat dijumpai didalam sel lemak darah. Tubuh manusia sangat membutuhkan kolesterol baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat bugar.

Tetapi jika kolesterol jahat menumpuk pada darah yang terjadi bisa menghambat aliran darah dan menimbulkan risiko jantung, contohnya hipertensi, diabetes, dan masalah ginjal. Kolesterol yang tinggi biasanya ditimbulkan dari memilih makanan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Ada macam-macam makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lalu, apa makanan penurun kolesterol? Berikut makanan penurun kolesterol.

Baca Juga:
Jangan Resah! Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah
Yang Punya Kolesterol (Jahat) Tinggi, Konsumsi 5 Bahan Alami ini!
Rekomendasi Buah Penurun Kolesterol

Makanan penurun kolesterol

1. Kacang kedelai

Apa makanan untuk menurunkan kolesterol? Makanan seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan lain-lain merupakan olahan dari kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung  zat isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak didalam aliran darah. Ketika ingin menggunakan makanan berbahan dasar kacang kedelai sebaiknya gunakan minyak zaitun untuk memasaknya. Sebuah penelitian dari Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat yang setara dengan Badan POM di Indonesia menyarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari sebagai makanan penurun kolesterol.

2. Ikan salmon

Apa saja makanan penurun kolesterol? Pada ikan salmon terdapat kandungan omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kandungan trigliserida yang meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Sebuah pakar kesehatan di Amerika menyimpulkan bahwa mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel 2 porsi dalam satu minggu dapat memberi manfaat dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga, ikan salmon tidak diragukan lagi karena bisa menjadi salah satu makanan penurun kolesterol andalan bagi Anda. 

3. Oatmeal

Jenis makanan penurun kolesterol lainnya adalah oatmeal. Oatmeal baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang tinggi sehingga dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat ke dalam aliran darah. Dengan mengonsumsi 10 gram serat setiap hari dari oatmeal dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi, termasuk kolesterol jahat (LDL).

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan biasanya sering digunakan sebagai makanan untuk diet. Tetapi selain digunakan untuk diet kacang juga bisa sebagai makanan penurun kolesterol. Karena kandungan serat larut yang sangat tinggi, salah satunya sebagai penurun kolesterol. Dengan rutin mengkonsumsi kacang secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol sampai 10%.

5. Alpukat

Apa buah penurun kolesterol? Selain mengetahui apa saja makanan penurun kolesterol, Anda juga harus tahu buah penurun kolesterol. Buah alpukat merupakan buah yang dapat menurunkan kolesterol. Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat juga mengandung beta-sistosterol yang merupakan jenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap makanan.

6. Jambu biji

Buah jambu biji mengandung vitamin serta antioksidan yang dapat melindungi sel-sel pada jantung dari radikal bebas. Selain menangkal radikal bebas alpukat juga sebagai buah penurun kolesterol. Karena buah jambu biji mengandung kalium dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Selain kalium dan serat larutnya, kandungan vitamin dan mineral dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah berbagai penyakit jantung.

7. Jeruk

Jenis buah penurun kolesterol lainnya adalah jeruk. Selain memiliki rasa yang manis, jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C ini dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jeruk memiliki serat larut yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam makanan. Jeruk juga memiliki kandungan d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh serta dapat membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

8. Apel

Buah apel juga termasuk sebagai buah penurun kolesterol. Salah satu fungsi yang dapat menurunkan kolesterol adalah kulit apel yang mengandung pektin. Pektin merupakan serat larut yang dapat menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan pektin ini akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses.

Demikian jenis makanan penurun kolesterol. Semoga bermanfaat.

Artikel Asli

News Feed