6 Penyebab Diabetes Melitus yang Dianggap Sepele, WAJIB BACA

Image Source: tribunnews.com

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja baik tua atau muda. Penyakit diabetes adalah kondisi metabolisme tubuh yang tidak normal sehingga menimbulkan kadar glukosa darah dan urin meningkat akibat metabolisme tubuh yang tidak normal tadi sehingga produksi hormon insulin terhambat.

Hormon insulin sangat penting, karena untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Banyak faktor yang menjadi penyebab diabetes sehingga membuat seseorang menderita penyakit ini. Faktor penyebab diabetes bisa berupa dari pola makan ataupun gaya hidup yang salah. Lalu, apa penyebab penyakit diabetes melitus? Faktor apa saja yang menyebabkan diabetes melitus?

Berikut ini beberapa faktor penyebab diabetes melitus dari kebiasaan sehari-hari.

Banyak dibaca:

Penyebab penyakit diabetes melitus

1. Teh manis

Apa yang menyebabkan penyakit diabetes melitus? Teh manis merupakan penyebab munculnya diabetes melitus karena kandungan gula dan kalori dalam teh sangat tinggi sehingga menimbulkan kadar gula naik. Dalam segelas teh manis mengandung 250-300 kalori, sedangkan kebutuhan kalori dalam tubuh orang dewasa 1.900 kalori tergantung aktivitas yang dilakukan. Sedangkan jika biasanya mengonsumsi nasi dan lauk pauk, maka kalori dalam tubuh kita berlebihan yang dapat membuat penyakit diabetes melitus muncul.

2. Kurang tidur

Penyebab penyakit diabetes melitus selanjutnya adalah kurang tidur. Dampak dari kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme terganggu. Menurut penelitian yang dilakukan University of Chicago bahwa, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh untuk memproses glukosa dalam tubuh menurun secara drastis risiko sehingga penyakit diabetes meningkat. Selain kurang tidur mengonsumsi makanan kalori tinggi ketika akan tidur juga dapat memicu kadar gula naik.

3. Stres

Ternyata stres juga bisa menjadi penyebab munculnya diabetes melitus. Ketika sedang stres tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol. Jika stres terus menerus dilakukan maka sangat berbahaya bagi penderita diabetes melitus. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter jika stres tersebut tidak hilang.

4. Sering mengonsumsi minuman soda

Apa yang menyebabkan gejala diabetes melitus? Selain stres, terlalu sering minum minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko diabetes melitus. Menurut penelitan The Nurses’ Health Study II bahwa terlalu sering minum minuman bersoda dapat meningkatkan berat badan dan risiko penyakit diabetes melitus. Kandugan pemanis dan asupan kalori cair akan mudah membuat penyakit diabetes melitus dapat muncul.

5. Mengonsumsi pil kontrasepsi

Peneyeb penyakit diabetes melitus selanjutnya yaitu penggunaan pil kontrasepsi. Menurut penelitian Divisi Metabolik Endokrinologi RSCM, kerja pil kontrasepsi berlawanan dengan kerja insulin. Karena kerja insulin dilawan, pankreas akan bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin. Apabila terus dibiarkan, pankreas tidak akan berfungsi dengan baik. Sehingga dapat menjadi penyebab diabetes.

6. Malas berolahraga

Apa penyebab diabetes melitus? Malas berolahraga juga dapat memicu timbulnya penyakit diabetes. Jika tubuh kita kurang bergerak maka timbul penyakit baru yaitu obesitas yang timbul karena selalu makan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Untuk itu sebaiknya lakukan olahraga teratur 3-4 kali dalam seminggu kurang lebih 30 menit agar kadar gula dalam tubuh dapat terkontrol.

Demikian faktor apa saja yang menyebabkan diabetes melitus. Semoga bermanfaat.

Artikel Asli

News Feed