5 Hal Unik Saat Seleksi CPNS, Mulai dari Bangun Tenda Hingga Tidak Boleh jadi Istri Kedua

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari tahun ke tahun selalu menjadi sorotan. Ya bagaimana tidak Sahabat Boombastis, tes CPNS ini kerap kali dibumbui oleh kisah-kisah unik. Mulai dari kisah miris CPNS yang tak lolos, kejadian sial ketika tes dan juga kelakuan nyeleneh dari para peserta saat hari H seleksi penerimaan.

Salah satunya seperti yang terjadi di Jawa Tengah ini. Ada peserta CPNS yang sampai bangun tenda di sekitar tempat tes. Waduh, untuk apa ya? Hmm.. kalian penasaran? Lihat kelanjutan ceritanya di bawah ini dan juga kisah-kisah unik lainnya.

Bangun tenda sampai ditanyai Gubernur Jawa Tengah

Seperti yang kita tahu kalau tes CPNS ini diikuti oleh semua orang di Indonesia. Sehingga tak menutup kemungkinan kalau orang luar daerah juga mengikuti seleksi CPNS di bukan provinsi tempat ia tinggal. Ya contohnya seperti tiga peserta CPNS yang berasal dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini. Mereka beserta keluarganya rela bangun tenda di sekitaran GOR Wujil supaya tak menghabiskan biaya transport. Daripada habis di ongkos, mendingan camping di dekat tempat tes aja deh, begitu pikir mereka.

CPNS bangun tenda [Sumber Gambar]

Tak disangka, saat mereka menginap, bebarengan dengan datangnya Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo. Pria bertubuh tinggi ini menanyakan keluarga bahagia tersebut dengan Bahasa Jawa, “Panjenengan mau tes apa mau dodolan?” yang artinya kalian mau tes apa ingin jualan, begitu kata Gubernur Jawa Tengah ini sembari tertawa. Bukan tanpa maksud beliau menanyakan hal ini. Barang yang dibawa itulah jadi sorotannya. Seperti kopi susu, mie instan dan juga air hangat. Wah, sepertinya keluarga ini selain mau tes, juga ingin mengais rezeki ya rupanya..

Lupa bawa kacamata yang bikin layar komputer terlihat buram

Ada lagi kisah unik yang bikin kita senyum-senyum sendiri. Ada seorang peserta seleksi CPNS yang lupa membawa kacamata pribadinya. Nah, akibat dari perbuatan tak menyenangkan yang dilakukan diri sendiri ini membuat adik manis nan cantik itu melotot ke layar komputer. Sampai-sampai wajahnya hanya berjarak beberapa sentimeter ke layar komputer.

Lupa bawa kacamata [Sumber Gambar]

Hal inipun juga menjadi sorotan dari para admin lambe CPNS. Di akun twitternya @BKNgoid, para admin mengunggah foto peserta yang tidak membawa kacamata tadi. Di caption-nya ia menulis “Adik manis peserta @cpnskumham2017 lain kali jgn lupa bw kaca mata. Sampe melotot ke screen begitu. Wedew.” Sahabat Boombastis yang juga ikutan tes CPNS jangan sampai begini ya. Kalo perlu kacamatanya jangan dilepas ke manapun kalian pergi.

Saking gugupnya akan tes, si peserta lupa bawa sepatu pantofel

Banyak dari peserta CPNS yang grogi ketika ingin melakukan tes. Tapi saking gugupnya, ada saja yang melupakan hal-hal sepele seperti membawa sepatu pantofel. Seperti yang terjadi pada saat seleksi Kementerian Hukum dan HAM di tahun 2017 lalu. Seorang peserta lupa menggunakan sepatu pantofel yang seharusnya sudah menjadi aturan dari semua instansi.

Tidak bawa sepatu [Sumber Gambar]

Aturan ya tetap aturan, harus ditaati dan tidak boleh dilanggar. Akhirnya, salah satu panitia seleksi dari Kemenkumham Kanwil Yogyakarta berbaik hati untuk meminjamkan sepatu pantofelnya. Memang sih cukup merepotkan, tapi demi kelancaran tes, panitia rela berbuat apa saja supaya si peserta bisa tetap mengikuti tahapan seleksi. Oalah mas mas, untung enggak disuruh pulang ya.

Nama peserta unik yang membuat netizen mendoakan dirinya lolos seleksi

Salah satu peserta CPNS di tahun 2017 lalu membuat banyak orang salah fokus. Bukan karena nilainya tinggi atau kelakuan dirinya yang nyeleneh, tapi ke namanya. Yap, nama dari peserta yang ingin mendaftarkan diri menjadi penjaga tahanan ini adalah PRIA INDONESIA.

Nama unik [Sumber Gambar]

Fenomena inipun diunggah di akun twitter @BKNgoid. Pada caption-nya dituliskan Peserta SKD CAT-BKN CPNS @Kemenkumham_RI memiliki nama Wahhh. “PRIA INDONESIA”. Sontak postingan tersebut banyak mendapat sorotan dari para warganet. Hampir semuanya mengungkapkan jika namanya sangat nasionalisme. Lalu ada juga yang mendoakan supaya lelaki tersebut lolos menjadi anggota PNS.

Syarat unik peserta CPNS yang bikin pengikut poligami mundur teratur

Di tahun 2017 lalu, instansi yang bernama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengajukan persyaratan unik dan dijamin tidak ada di kementerian lainnya. Adalah bagi wanita yang sudah menikah tidak boleh menjadi istri kedua dan seterusnya. Jadi kalau kalian sudah berstatus istri kedua dan seterusnya, dimohon untuk mengundurkan diri saja dari instansi ini.

Tidak boleh jadi istri kedua [Sumber Gambar]

Aturan ini enggak main-main lho. Syarat ini sudah tercantum di situs resmi PPATK dan masuk ke kategori umum. Namun sayangnya, pihak PPATK tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengapa syarat ini dibuat. Kalau begini kan kasian yang jadi istri kedua dan seterusnya..

Kisah unik memang selalu mewarnai seleksi CPNS. Mulai dari rela bangun tenda untuk menginap hingga syarat dari salah satu instansi yang bikin istri kedua jadi salah tingkah. Nah, apa Sahabat Boombastis pernah melihat atau mengalami sendiri peristiwa unik ketika tes CPNS? Kalau pernah, coba share di kolom komentar ya.

Artikel Asli

News Feed