5 Hal Nyata Ini Buktikan Indonesia Pantas Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kesuksesan Indonesia menggelar ajang Asian Games 2018 beberapa waktu lalu, menjadi modal awal untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah pada event bergengsi lainnya. Tak tanggung-tanggung, pesta olahraga sekelas Olimpiade pun dibidik menjadi yang berikutnya. Jika hal ini terealisasi, tentu menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Hal ini bukan isapan jempol belaka. Adalah sosok Tomas Bach, Presiden Komite Olimpiade Internasional yang memberikan tantangan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, dalam konferensi pers jelang closing ceremony Asian Games 2018. Jika dilihat dari kesuksesan Asian Games 2018, Indonesia tentu saja siap menyambut tantangan tersebut. Tentu saja jika kita melihatnya dari faktor-faktor berikut ini.

Sukses selenggarakan Asian Games

Indonesia sukses selenggarakan Asian Games 2018 [sumber gambar]Gelaran Asian Games yang sukses diselenggarakan oleh Indonesia selaku tuan rumah, menjadi catatan positif sebagai modal untuk event besar selanjutnya. Jika dilihat dari awal hingga akhir acara, banyak pihak yang merasa puas dan memberikan apresiasinya pada Indonesia. Meski ada beberapa kesalahan kecil, toh al tersebut tak menyurutkan langkahh Indonesia untuk menerima tantangan yang dilontarkan Presiden Komite Olimpiade Internasional, Tomas Bach.

Antusiasme masyarakat yang tinggi pada event olahraga

Masyarakat Indonesia antusias menyaksikan Asian Games 2018 [sumber gambar]Pada saat Asian Games digelar, ribuan masyarakat Indonesia datang berduyun-duyun untuk melihat aksi para atlet yang berlaga. Selain mendukung perjuangan kontingen Indonesia merebut medali, mereka juga tertarik mengikuti jalannya pertandingan yang ada. Terutama pada bidang olahraga yang diminati. Hal ini menunjukkan, betapa tingginya animo masyarakat pada acara-acara olahraga seperti Asian Games yang berskala internasional.

Jaminan kemanan yang memadai

TNI dan Polri sukses jaga keamanan Asian Games 2018 [sumber gambar]Selain menerjunkan ribuan pasukannya di lapangan, pihak TNI dan Polri juga menggunakan teknologi real time communication (RTC) untuk memudahkan pengamanan selama Asian Games berlangsung. Singkatnya, fitur canggih itu merupakan bentuk telekomunikasi yang memungkinkan orang dapat bertukar informasi dan berkomunikasi secara real-time. RTC memungkinkan individu untuk berinteraksi secara langsung seperti halnya ketika bertatap muka. Dengan adanya pasukan keamanan terlatih yang ditunjang dengan teknologi, Indonesia pun optimis bisa memberikan rasa aman jika kembali dipercaya sebagai tuan rumah event berkelas internasional seperti Olimpiade.

Miliki konsep penyelenggaraan yang unik

Miliki konsep yang unik saat pembukaan Asian Games [sumber gambar]Megahnya acara pembukaan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu, mengindikasikan bahwa Indonesia memiliki segudang konsep kreatif yang memiliki daya tarik tersendiri. Terbukti dengan banyaknya komentar positif yang dialamatkan pada ajang Asian Games 2018. Baik dari masyarakat internasional hingga warga Indonesia sendiri. Modal berharga inilah yang bisa menjadi bukti, bahwa Tanah Air juga bisa dipercaya jika menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga berskala global lainnya.

Bakal jadi negara Asia Tenggara pertama

Jadi negara di Asia Tenggara pertama jika ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 [sumber gambar]Jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, tentu ini akan menjadi sebuah prestasi baru bagi Tanah Air. Di usia kemerdekaannya yang belum genap 100 tahun, Indonesia bakal mengukir sejarah. Baik sebagai negara Asia Tenggara pertama yang menyelenggarakan Olimpiade, hingga menjadi pembuktian bahwa Indonesia juga sanggup menjadi tuan rumah bagi event-event berkelas internasional. Jika Olimpiade selama ini banyak dilakukan di kawasan Eropa, Asia Timur hingga Amerika, keberadaan Indonesia bisa menjadi tonggak bangkitnya negara-negara dunia ketiga yang sebelumnya tak pernah dilirik untuk menjadi tuan rumah bagi ajang Olimpiade.

Indonesia tentu mempunyai kesempatan yang besar untuk menjadi tuan rumah bagi ajang sekelas Olimpiade pada 2032 mendatang. Selain kelima faktor di atas, dukungan penuh rakyat Indonesia juga menjadi pertimbangan tersendiri. Tentu saja, nama besar bangsa tidak hanya dipertaruhkan lewat prestasi semata. Tapi juga lewat keramahan, kenyamanan dan keamanan bagi para tamu asing yang berkunjung. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Artikel Asli

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed