42 Tahun Berkuasa, Presiden Gabon Meninggal Dunia

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://www.detiknews.com/read/2009/06/09/072710/1144482/10/42-tahun-berkuasa-presiden-gabon-meninggal-dunia


AFP


Libreville – Presiden Gabon, Omar Bongo Ondimba, pemimpin terlama yang berkuasa di Afrika, meninggal dunia. Bongo meninggal pada usia 73 tahun di sebuah rumah sakit di Spanyol.

“Pada pukul 2.30 malam, tim medis memberikan informasi kepada saya, bahwa Presiden Gabon meninggal dunia karena serangan jantung,” tutur Perdana Menteri Gabon, Jean Eyeghe Ndong, seperti dikutip AFP, Senin (9/6/2009).

Bongo, yang menjadi salah satu pendiri koloni Prancis di Afrika barat sejak tahun 1967 dibawa ke klinik pribadinya di Barcelona karena kanker saluran intestinal.

Ndong mengatakan bahwa Gabon akan menghormati kematian Bongo dengan mengibarkan bendera setengah tiang selama 30 hari penuh. Ndong menyebutnya merenung sejenak untuk martabat bangsa.

Deputi Perdana Menteri Gabon, Georgette Koko, mengumumkan kematian Bongo dalam sebuah stasiun TV milik pemerintah dan mengatakan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya kedamaian yang sesungguhnya.

“Kita nikmati perdamaian ini dan kita harus memperhatikan kebersamaan,” kata wanita ini.

Bongo mulai berkuasa sejak tahun 1967 dengan bantuan Prancis dan menjalankan negara yang berlimpah simpanan minyak ini tanpa memperhatikan 1,5 juta rakyat yang tetap miskin.

Gabon menjadi negara Afrika pertama yang dieksploitasi perusahaan minyak Prancis, Elf, pada tahun 1960-an. Melalui jalan ini perusahaan Prancis ini melayani kebutuhan minyak militer Prancis untuk aktivitas mata-mata.
(van/nrl)

News Feed