4 Rahasia China dalam Mendidik Atlet Sehingga Saat Kejuaraan Selalu Boyong Medali

Lagi-lagi China jadi momok bagi banyak negara dalam ajang Asian Games. Bagaimana tidak, sampai saat ini negara ini selalu masuk jajaran top yang paling banyak meraih medali. Tidak hanya menang dalam jumlah atlet, ternyata kualitas dari pemain pun memang bikin banyak gelar juara yang didapatkan. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau negara ini bisa masuk kandidat juara umum.

China ternyata punya resep rahasia agar para atletnya bisa jadi jawara loh. Salah satunya tentu dengan menggembleng para atlet dengan cara tak biasa. Eits masih banyak cara lain yang digunakan dan jarang diketahui banyak orang. Lalu cara apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Adanya program kebugaran massal yang bikin heboh

China sepertinya benar-benar serius dalam mengejar gelar juara di berbagai olimpiade. Bagaimana tidak pasalnya negeri tirai bambu ini sudah menyiapkan persiapan langka sejak dulu. Tepatnya sejak tahun 1995, pemerintah sana sudah menerapkan program kebugaran massal.

Program kebugaran massal [sumber gambar]

Tak tanggung-tanggung, program yang satu ini diterapkan dalam jangka 15 tahun untuk membangun kesehatan dan olahraga di masyarakat. Hasilnya sudah ada enam ratusan gimnastium dan stadion yang akhirnya berdiri dengan megah dan tentu sesuai dengan standar. Alhasil jangan kaget kalau mulai dari ruang publik, sekolah dan berbagai tempat lainnya memiliki tempat olahraga sendiri dengan standar yang bagus.

Mulai dari kecil para atlet dilatih dengan keras dan luar biasa

Untuk menciptakan para atlet dengan mental baja dan juga berkompeten, tentu semua harus dilatih sejak usia muda. Oleh sebab itu sepertinya China juga menerapkan hal tersebut dengan melatih para anak-anak yang kelak dipersiapkan untuk menjadi seorang atlet.

Dipersiapkan sejak kecil [sumber gambar]

Beberapa fotografer sempat mengabadikan bagaimana China mendidik para atlet mudanya di Nanning Gymnasium, meski berusia belia mereka dipersiapkan untuk jadi juara. Memang terjadi banyak pro dan kontra dengan apa yang dilakukan ini tetapi kenyataannya sampai saat ini memang China jadi salah satu raja dalam masalah membawa pulang medali saat adanya kejuaraan atau olimpiade di gelar.

Adanya sekolah khusus olahraga yang makin bikin maju

Tak hanya sampai mendidik anak-anak usia dini, ternyata pemerintah di sana juga mempersiapkan sekolah khusus untuk masalah ini. Jika umumnya olahraga hanya menjadi mata pelajaran minor, namun ternyata yang ada malah sebaliknya.

Sekolah khusus olahraga [sumber gambar]

Ya olahraga jadi salah satu mata pelajaran yang penting bahkan setiap hari bisa ditemui. Usut punya usut, sekolah ini memang didirikan oleh pemerintah China sendiri untuk mewadahi para anak-anak yang memang punya passion pada sport ketimbang pelajaran biasa. Sampai saat ini kurang lebih sudah ada 5000 sekolah khusus yang siap menampung dan mendidik para atlet dan tentu banyak dari jebolannya sudah memenangkan kejuaraan.

Tentu iming-iming kekayaan selalu jadi pemanis para atlet

Memang menjadi seorang atlet dan membela nama bangsa tentu jadi kebanggaan tersendiri. Namun tentu kalau sampai ada iming-iming uang yang menanti akan jadi dorongan lain buat para atlet. Apalagi hal ini berhubungan dengan nama harus sebuah bangsa, pastinya jumlahnya juga besar pula. Hal itu pula yang sudah dipersiapkan untuk para atlet yang sukses bawa pulang medali dari China ini.

Bonus untuk juara [sumber gambar]

Semisal yang terjadi pada salah satu atlet China pada olimpiade 2012 lalu, dimana dirinya mendapatkan kurang lebih 740 juta dari pemerintah. Itu belum tambahan bonus dari swasta yang juga tak kalah banyak. Jumlah sebanyak ini tentu sudah lebih dari cukup buat para atlet.

Sepertinya memang China melakukan usaha ekstra agar bisa menyabet gelar juara dari berbagai kejuaraan. Salah satunya tentu dengan menggembleng para atletnya dengan luar biasa. Dan hasilnya bisa dilihat sendiri, tidak hanya di Asian Games kejuaraan lain pun negara ini selalu bawa pulang banyak medali.

Artikel Asli

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed