4 Fakta Ini Membuktikan Thailand Saat Ini Berubah Jadi Negara Miskin

Thailand sampai saat ini masih dikenal sebagai negara yang sering dikunjungi wisatawan. Tidak hanya dari Asia Tenggara, namun berbagai penghujung dunia. Ya, semua tidak terlepas dari keindahan wisata alamnya dan budaya yang eksotis. Jadi wajar banyak tempat wisata di sana yang banyak dikenal orang dari negara lain.

Namun ternyata ada fakta yang jarang kita ketahui mengenai negeri gajah putih ini. Ya, siapa sangka kalau Thailand ini ternyata sekarang bisa dimasukkan dalam kategori negara miskin. Banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut, berikut ulasannya.

Korupsi di Thailand yang masuk dalam kategori parah

Nasib Thailand mungkin tidak separah seperti beberapa negara miskin di Afrika sana. Namun demikian menurut MSN, negara ini masuk dalam kategori miskin. Bukan karena apa, memang PDB dari negara ini 6000 Dollar AS yang sangat jauh ketimbang rata-rata yang lainnya.

Korupsi Thailand [sumber gambar]

Nah hal ini ternyata diperparah oleh tingkat korupsi yang lumayan tinggi. Bukan hal yang aneh kalau sampai majalah Forbes menempatkan negeri gajah putih ini di urutan ketiga sebagai negara paling korup se Asia tepat setelah India dan Vietnam. Bayangkan saja, tingkat suap di negara ini bahkan sampai 41% dan tentu hal ini jadi PR besar bagi pemerintah dan masyarakatnya.

Sumber daya manusia salah urus jadi PR yang lain

Ternyata masalah lain yang menjadi salah satu faktor negara ini dinobatkan jadi salah satu daerah miskin. Ya, ternyata salah urus sumber daya manusia masih jadi problem di sana. Seperti yang sudah dilansir dari Grid, banyak yang memilih untuk melakukan pensiun dini di sana dan sisinya tetap bekerja namun dengan kendala tanpa tujuan.

Pekerja Thailand [sumber gambar]

Alhasil banyak pula dari para pekerja yang bertahan atau baru di sana tidak terlalu cakap dalam melakukan pekerjaannya. Seperti yang diduga tentunya hal itu mengganggu proses produksi sehingga berimbas juga pada pemasukan negara.

Masalah infrastruktur yang ternyata masih jadi kendala

Indonesia sepertinya meski lebih bersyukur lantaran infrastruktur akhir-akhir ini mulai digenjot habis-habisan. Pemandangan ini sepertinya sangat bertolak belakang dengan yang ada di Thailand sana. Ya, masalah infrastruktur ini ternyata jadi salah satu kendala yang membuat negeri gajah putih dimasukkan dalam kategori negara miskin.

Infrastruktur Thailand [sumber gambar]

Dilansir dari Tribunnews, banyak proyek dan pembangunan jalan yang mangkrak di sana seolah menambah daftar PR yang harus diselesaikan oleh Thailand. Beruntungnya tahun 2016, negara ini rupanya mulai kembali fokus untuk membenahi masalah infrastruktur. Namun tetap masalah hal yang satu ini Indonesia masih dibilang jauh lebih unggul.

Problem yang sering ditemui, pendidikan yang buruk

Pendidikan bisa dianggap sebagai salah satunya jalan untuk menuntaskan kemiskinan. Jika masyarakatnya memiliki pendidikan yang baik, bisa dipastikan kemakmuran negaranya terjamin. Namun ternyata hal ini pula yang menjadi permasalahan untuk Thailand sendiri.

Pendidikan Thailand [sumber gambar]

Menurut Wisarut Supannafai dari Quora mengatakan kalau problem utama adalah guru yang berada di sana tidak terlalu untuk mengajar mata pelajaran dan tidak tahu cara menerapkannya dalam konteks yang benar. Jadi bukan hal yang aneh kalau dalam masalah pendidikan pun sering ditemui kesenjangan di sana. Sejatinya hal ini bukan hanya jadi masalah buat Thailand, namun juga negara lain bahkan termasuk Indonesia.

Meskipun tidak terlampau miskin seperti negara lainnya, namun hal ini jadi sebuah warning buat Thailand sendiri. Ya, pendapatan negara yang kurang dari rata-rata negara di dunia tentunya meski diwaspadai dan banyak dibenahi. Dan tentu Indonesia sendiri meski banyak belajar agar hal ini juga tidak terjadi di tanah air.

Artikel Asli

News Feed