4 Fakta Fenomena Mahar Mobil di Pati yang Sempat Viral di Kalangan Netizen

Bukan lagi rahasia kalau di beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi mahar yang luar biasa mahal. Ya hal itu sudah ada sejak zaman dulu, dan tentu ada makna di baliknya. Semisal adanya mahar mahal ini membuktikan kalau seorang wanita derajatnya harus dihargai dengan tinggi, dan pembuktian perjuangan dalam meminangnya.

Seperti fenomena yang terjadi beberapa waktu yang lalu, dimana di salah satu daerah di Indonesia beberapa kali terjadi pernikahan dengan mahar lumayan. Tak tanggung-tanggung, mobil dijadikan mahar dalam peminangan. Lalu benarkah hal itu? Simak ulasan berikut.

Dimulai dari salah satu pengantin dengan mahar mobil

Umumnya tentu mahar diserahkan berdasarkan keinginan dari istri, tentu dengan jumlah yang tidak terlalu memberatkan. Namun demikian ada beberapa adat yang meminta mahar dengan jumlah tertentu, ada yang mahal namun juga ada yang murah.

Mahar mobil [sumber gambar]

Tetapi beberapa waktu yang lalu beberapa netizen sempat mengunggah mengenai salah seorang pengantin yang menikah dengan mahar tak biasa. Pria asal Pati, Jawa Tengah diketahui memberikan mahar berupa mobil kepada calon istrinya. Mobil berupa Toyota Cayla berwarna merah itu kira-kira dibanderol sekitar 150 jutaan dan tentu angka itu lumayan fantastis untuk itungan sebuah mahar.

Netizen lain pun ternyata mengunggah fenomena sama

Siapa sangka, setelah postingan itu sendiri diunggah ternyata banyak netizen lain yang juga mengupload kejadian sama persis. Ya, banyak orang yang menikah dengan memberikan mahar mobil pula. Namun bedanya hanya merk dan harganya saja yang berbeda.

Dapat mobil [sumber gambar]

Semisal yang diunggah oleh akun FB  Andriz Maghfud, dimana menunjukkan pernikahan dengan mobil mewah yang diberi pita untuk mahal sebuah pernikahan. Semakin berjibun orang yang mengirimkan fenomena serupa, namun yang jadi perhatian adalah postingan dari  akun Bagus Aji dimana menampilkan mahar bukan lagi mobil namun sebuah truk. Uniknya kebanyakan fenomena ini menurut pengunggah semua miliki kesamaan yaitu berasal dari Pati.

Berbagai komentar pun dituturkan mengenai hal ini

Tentu dengan adanya fenomena mobil sebagai mahar ini berbagai komentar pun diungkapkan oleh para netizen yang ada. Ada yang merasa kalau hal ini lumayan berlebihan, mengingat dalam agama Islam namanya mahar yang terbaik adalah yang tidak memberatkan pihak suami.

Mahar truk [sumber gambar]

Namun ada pula yang menganggapnya biasa, jikalau sang suami punya kemampuan maka apa salahnya jika menuntut mahar yang berkesan. Toh juga pernikahan adalah hal istimewa yang dilaksanakan sekali dalam seumur hidup. Namun ada pula yang malah baper karena teringat dengan pernikahannya zaman dulu karena melihat betapa hebohnya pernikahan anak muda zaman sekarang.

Memang sejatinya memang di beberapa daerah mahar bisa luar biasa

Seperti yang diketahui, sejatinya mahar mobil ini bisa jadi hal yang biasa jika dibandingnya dengan adat di beberapa daerah. Semisal uang panai suku bugis yang harganya bisa ratusan hingga milaran rupiah hanya untuk mempersunting dambaan hati.

Pernikahan Bugis [sumber gambar]

Ada pula tradisi Mayam dimana mahar juga dihargai lumayan mahal di kota serambi Mekkah Aceh. Namun kembali lagi itu semua adalah sebuah adat yang dijalankan oleh para penduduk di daerahnya, dan tentu tergantung kemampuan. Nah sedangkan yang ada di Pati ini hanya fenomena yang mulai viral, dan tak ada keharusan dalam melaksanakannya.

Kembali lagi, semua bisa bernilai mahal atau tidak tergantung dengan sudut pandang masing-masing. Namun kembali lagi jika dilihat dari sudut pandang agama, maka mahar terbaik adalah tidak memberatkan. Namun kalau suaminya mampu sih tentu tidak apa-apa.

Artikel Asli

News Feed