4 Fakta Bus Buatan Indonesia yang Ternyata Laku Ribuat Unit Diborong Negara Lain

Indonesia memang selama ini terkenal dengan sumber daya alam serta makanan khasnya. Itu bukan lagi rahasia lantaran memang keadaan alam di tanah air ini bikin banyak negara iri. Itu pula sebabnya mungkin Belanda dan Portugis dulu sempat datang dan menjajah Indonesia karena melihat potensi rempah dan keadaan alamnya.

Ternyata ada satu hal lagi yang sejatinya jadi daya tarik negeri kita. Ya, usaha pembuatan bus yang saat ini mulai menunjukkan taringnya. Bayangkan saja, bahkan salah satu negara sampai siap memesan ribuan unit buatan Indonesia. Lalu benarkah itu? Simak ulasan berikut.

Ekspor bus ke Bangladesh yang sempat bikin bangga

Beberapa waktu yang lalu ada sebuah kabar menarik tentang produksi kendaraan di Indonesia. Pasalnya ternyata bus buatan Indonesia diakui oleh dunia mengenai harga dan kualitasnya. Ialah Bangladesh yang akhir-akhir ini bikin geger lantaran akan melakukan import bus buatan tanah air ini.

Bus Indonesia [sumber gambar]

Kurang lebih akan ada sekitar 1.034 unit kendaraan roda empat ini yang akan dikirim ke sana. Dan jangan kaget kalau tidak tanggung-tanggung satu unitnya dijual sekitar 1,9 M dengan total transaksi kira-kira 4,3 Triliun. Tentu dengan adanya kerja sama yang saling menguntungkan ini juga bisa membuat nama Indonesia tambah mendunia.

Bukan sembarang bus biasa, namun super mewah

Karoseri Laksana sebagai pabrik yang diberi kepercayaan pengadaan bus ini akan melakukan hal yang terbaik agar kedua pihak sama-sama untung. Oleh sebab itu, masalah kualitas dan lainnya sangat diperhatikan dengan seksama. Rencananya, bus yang akan dikirim ke Bangladesh itu adalah tipe Legacy Sky SR-2 XHD Prime yang dimana menekankan pada kenyamanan penumpang meski jarak jauh.

Pembuatab karoseri bus [sumber gambar]

Pintu depan dan pintu belakang bus bisa dipilih tipe swing, sliding manual, atau pneumatic plug sehingga tampak menarik namun juga efisien. Dengan kursi yang super nyaman, bus dilengkapi dengan satu toilet memiliki kapasitas sampai 59 penumpang.

Ternyata sejak dulu, sudah ekspor ke Fiji

Siapa sangka ini bukan pertama kalinya Indonesia mendapatkan orderan bus untuk dikirim ke luar negeri. Sebelumnya ternyata Fiji juga jadi langganan negara kita untuk masalah alat transportasi. Transaksi jual beli bus ini ternyata pertama kali dimulai sejak tahun 2010 dan terus berlanjut.

Sering di luar negeri [sumber gambar]

Oleh sebab itu setiap tahun Indonesia menyediakan stok, dan sampai saat ini sudah sekitar 200 unit yang diborong oleh Fiji. Lantaran tak pernah absen dalam berbisnis dengan Indonesia masalah pengadaan bis hal ini membuktikan kepercayaan mereka dengan negara kita. Meskipun bus yang dikirim tidak sebagus milik Bangladesh, namun kualitas masih dipertahankan.

Jadi sebuah kebanggaan karena jadi kendaraan kesebelasan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya ternyata Fiji sangat doyan belanja bus buatan Indonesia. Namun siapa sangka kalau ada hal yang tidak terduga lain yang ditemui. Ya bus buatan bumi pertiwi ini ternyata dipakai oleh kesebelasan Fiji saat akan berlaga. Tentu perakitan bus ini pun dilakukan dengan sebaik-baik lantaran akan digunakan untuk berlaga.

Sampai dipakai timnas Fiji [sumber gambar]

Sejak penampakan bus buatan Indonesia ini banyak orang yang mengaku salut baik luar maupun dalam negeri. Baik rangka hingga kenyamanan fasilitas yang ada di dalam membuatnya jadi salah satu kendaraan yang diandalkan. Tentu hal ini bakal berdampak juga dengan pandangan dunia pada Indonesia.

Hal ini mungkin jadi sebuah langkah baru dimana kendaraan besar seperti bus buatan Indonesia ternyata banyak yang meminati. Bahkan tak hanya satu, beberapa negara langsung memesan dengan jumlah yang besar. Tidak menutup kemungkinan usaha diekspor ini kelak bisa berkembang.

Artikel Asli

News Feed